ACG STARTER

brushless

ACG singkatan Alternating Current Generator yaitu alat untuk menghasilkan listrik dengan hasil arus bolak-balik (AC), sedangkan starter yaitu alat untuk memulai kerja suatu alat lain atau mesin. Lho, jadi keduanya dikombinasikan jadi ACG starter, lihat dulu teorinya ah…

Untuk menghasilkan listrik diperlukan 3 komponen dasar:

– Koil (kumparan, lilitan kawat). STATOR

– Magnet; baik yang permanen maupun elektromagnet (Alternator menggunakan elektromagnet). ROTOR

– Gerakan untuk merubah posisi medan magnet (memotong garis gaya magnet). MOTOR/MESIN

Untuk menghasilkan gerakkan juga membutuhkan komponen yang sama bedanya komponen terakhir diganti sumber listrik, jadi:

– Gerakan/putaran untuk menghasikan listrik yaitu Generator

– Listrik untuk menghasilkan gerakan/putaran yaitu motor listrik/starter

ACG starter mengkombinasikan keduanya jadi tidak perlu motor starter terpisah, berat sepedamotor jadi berkurang.

Ditemukan oleh Hiroshi Tanaka dan dipatenkan oleh HONDA Motor Co. Ltd.

Kombinasi AC Generator dengan Starter dapat diwujudkan dengan bantuan otak pintar komputer (ECU) kalau motor starter biasa diatur secara mekanis yaitu dengan menggunakan sikat (brush, areng starter) yang harus diganti berkala, sedangkan starter ini tidak lagi menggunakan sikat alias brushless motor seperti hardisk komputer.

ACG starter ECU

Untuk mengetahui posisi magnet ROTOR pada posisi kutub Utara atau Selatan, yang kemudian harus ditemukan dengan kutub elektromagnet Utara atau kutub elektromagnet Selatan STATOR supaya ROTOR berputar sesuai arah putaran mesin yang diinginkan maka digunakan sensor deteksi kutub magnet, yang kemudian diolah oleh ECU untuk memberikan tegangan yang tepat ke STATOR, ROTOR berputar, kemudian setelah mesin hidup ECU akan memutus tegangan listrik ke STATOR dan sekarang beralih fungsi dari starter menjadi Generator AC yang setelah melewati rectifier akan menjadi arus DC untuk mengisi baterai yang tadi digunakan listriknya untuk memutar ACG starter.

Keuntungan ACG starter:

– Motor starter yang tradisional bisa dilepas; sepedamotor jadi lebih ringan konsumsi bbm berkurang.

– Tidak menggunakan sikat (brushless); bebas perawatan.

– Menggunakan ECU gabung dengan Fuel Injection; memaksimalkan kemampuan otak komputer CPU yang sudah 32bit.

– TIDAK ada bunyi keras saat tombol starter ditekan, karena tidak ada komponen mekanis yang perlu bertautan.

– DAPAT dan memang digunakan untuk sistem yang menerapkan mematikan mesin saat sepedamotor idle/tidak bergerak.

Sekarang jadi tambah banyak komponen spedamotor yang diatur komputer; Pasokkan bahan bakar (FI), Pengapian, Antilock Brake System, Steering Damper, Sensor Kecepatan Sepedamotor dan yang paling baru bergabung ACG Starter.

Terimakasih HONDA.

co-pas dari :  bengkelsepedamotor

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s