SETEL KLEP HONDA BEAT

Setel klep ? jangan disetel dulu, menurut jadwal servis diatas yang harus dilakukan adalah PERIKSA kalau masih dalam batas spesifikasi ya tidak usah disetel.

Alat untuk memeriksa kerenggangan klep ialah feeler gauge yaitu seperti gambar diatas, nah dinamakan feeler gauge karena harus pakai feeling alias perasaan, nah kalau sudah bawa-bawa perasaan masing-masing mekanik pasti punya perasaan seret/peret (waktu ngukur celah klep) yang berbeda-beda.

Perhatikan tonjolan camshaft sedang berada pada posisi jauh dari rocker arm, inilah kondisi bebas (posisi TMA), sehingga feeler gauge dapat diselipkan untuk mengukur celah bebas batang klep dengan rocker arm. celah ini diperlukan agar saat mesin panas dan batang klep memuai klep masih dapat menutup rapat, jika tidak ada celah saat mesin panas maka kompresi ruang bakar akan bocor karena klep tetap terdorong untuk posisi terbuka.

Untuk penyetelan sendiri (belum biasa feelingnya) maka gunakan feeler gauge yang mempunyai toleransi ukur yang kecil, sampai 0.01mm dengan cara GO, NO GO.

Contoh:

VALVE CLEARANCE:
MASUK : 0,16 +/- 0,02 mm
KELUAR: 0,25 +/- 0,02 mm

Artinya Klep Masuk boleh mempunyai celah 0,14 ~ 0,18mm, pakai feeler gauge ukuran 0,15mm harus dapat masuk-GO dan 0,18mm tidak dapat masuk-NO GO. Ukuran 0,18mm didapat dengan menumpuk bilah feeler gauge 0,15mm ditambah 0,02 & 0,01mm. Lakukan hal yang sama dengan Klep Keluar/Buang.

Dapet co-pas dari : bengkelsepedamotor

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s